Jumat, 02 Desember 2011 15:57 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- DPR RI telah memilih empat orang pimpinan KPK periode 2011-2015 dari delapan orang nama calon yang diajukan oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK. Mereka adalah Bambang Widjojanto, Abraham SAmad, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnaen.

Salah satu anggota Pansel, Saldi Isra mengatakan, pihaknya menyayangkan tidak dipilihnya Yunus Husein. Pasalnya, dari empat orang yang terpilih itu, tidak ada satupun yang berlatar belakang dari bidang keuangan.

"Ya tentunya pertama kita apresiasi dulu empat orang pimpinan baru KPK yang baru saja dipilih. Namun, sayangnya dari empat orang nama itu, tidak ada yang berlatar belakang dari bidang keuangan," kata Saldi saat dihubungi Republika, Jumat (2/12).

Saldi yang merupakan guru besar Ilmu Hukum Universitas Andalas itu mengatakan, keahlian Yunus dalam bidang keuangan sangat diperlukan. Namun, ia berharap, posisi di bidang keuangan yang tidak dimililki oleh pimpinan KPK yang baru dapat ditutup oleh deputi-deputi yang ada di KPK yang memiliki keahlian di bidang keuangan.

Seperti diketahui, Komisi III DPR RI, Jumat (2/12), akhirnya resmi memilih empat pimpinan KPK yang baru. Keempat orang ini akan bahu membahu memberantas korupsi bersama dengan Busyro Muqoddas untuk 4 tahun ke depan.

http://www.republika.co.id//berita/nasional/hukum/11/12/02/lvkjj9-saldi-isra-kpk-butuh-ahli-keuangan-sayang-sekali-yunus-tak-lolos